Wednesday, June 20, 2012

UKURAN UTAMA PADA SEBUAH KAPAL

Pagi Guys.... lama saya nggak posting di blog saya ini... ya biasa karena beberapa hari ini kapal kami berada jauh dari daratan dan signal nyaris nggak ada. Di tambah ombak yang besar di sertai angin plus crew kapal tinggal 5 orang ( yang lain pulang ) menjadikan kami kerja extra keras dan nggak sempat untuk sekedar membuka blog saya tercinta .

Kembali ke judul di atas. Di blog ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang ukuran utama pada sebuah kapal. Mengetahui ukuran utama kapal itu sangat penting karena dengan mengetahui ukuran tersebut kita bisa mengetahui berapa muatan yang ada di atas kapal, stabilitas kapal, batas maksimal muatan kapal dan lain - lain. 


Ukuran utama kapal terdiri dari panjang kapal, lebar kapal, tinggi geladak dan sarat kapal dan di bawah ini saya sedikit uraikan bagian - bagiannya.

Panjang Kapal.
Loa : Length over all
Adalah panjang kapal keseluruhan yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan.



LPP : Length between perpendiculars.
Panjang antara kedua garis tegak buritan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat.

AP : Garis tegak buritan ( After perpendicular )
Letaknya pada linggi kemudi bagian belakang atau pada sumbu poros kemudi.

FP : Garis tegak haluan ( fore perpendicular )
Adalah merupakan perpotongan antara linggi haluan dengan garis air muat.

Lwl : Panjang garis air (Length of water line)
Adalah jarak mendatar antara ujung garis muat ( garis air ), yang diukur dari titik potong dengan linggi buritan
sampai titik potongnya dengan linggi haluan dan diukur pada bagian luar linggi buritan dan linggi haluan.

Lebar Kapal.
B : Breadth ( lebar yang direncanakan ).
Adalah jarak mendatar dari gading tengah yangm diukur pada bagian luar gading. ( tidak termasuk tebal pelat lambung ).
Bwl : Breadth of water line ( lebar pada garis air muat ).
Adalah lebar yang terbesar yang diukur pada garis air muat.
Boa : Breatdh over all ( lebar maksimum ).
Adalah lebar terbesar dari kapal yang diukur dari kulit lambung kapal disamping kiri sampai kulit lambung kapal samping kanan.

Tinggi Geladak.
H ( D ) : Depth ( tinggi terendah dari geladak ).
Adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah, umumnya diukur di tengah – tengah panjang kapal
.
Sarat Kapal.
T : Draft ( sarat yang direncanakan ).
Adalah jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.

No comments: