Friday, July 10, 2009

Sedikit Tentang Kapal

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut atau sungai. Berabad - abad kapal di gunakan oleh manusia untuk mengarungi lautan atau sungai yang di awali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia mengunakan kano atau perahu. Hingga karena daya angkut yang bertambah sehingga terciptalah perahu yang lebih besar atau yang di sebut kapal.


Perahu besar (kapal) di kenal pertama kali pada masa eolitikum sekitar 10 000 tahun yang lalu. Kapal -kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas; mereka hanya gerak di air tapi hanya peraiaran terbatas. Biasanya di gunakan terbatas hanya untuk memancing atau alat tranportasi yang muatannya atau penumpamgnya juga sangat terbatas.
Untuk menentukan arah, pada masa lalu kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan. Namun sesuai dengan perkembangan akhirnya para awak kapal menggunakan bintang dan alam sebagai alat bantu navigasi. Namun dengan ditemukan alat bantu berupa kompas dan starolabe serta peta dan ditemukannya jam pasir oleh orang - orang arab juga ikut membantu navigasi ditambah juga penemuan jam oleh john harrison pada abad ke 17. Penemuan telegraf oleh S.F.H Morse dan radio oleh C.Marconi .Terlebih menggunaan radar dan sonar yang di temukan pada abad ke 20 membuat peranan navigator alam agak tergeser. Satuan kecepatan kapal di hitung dengan knot di mana 1 knot = 1.85200 km/jam.

Menjelang akhir abad ke 20 navigasasi sangat dipermudah dengan ditemukan GPS (global posision system) yang memiliki ketelitian sangat tinggi yang di bantu oleh satelit. Selain itu dari sistem komunikasi yang sangat modern juga menunjang navigasi dengan adanya beberapa macam peralatan seperti radar type HARPA memungkinkan para mualim bisa melihat langsung keadaan dan kondisi laut. Radar harpa ini adalah radar modern yang bisa mendiktesi langsung jarak antara kapal dengan kapal, kapal dengan daratan , kapal dengan daerah bahaya, kecepatan kapal, dan mempunyai akuarasi gambar yang sangat jelas.

Selain itu ada system GMDSS ( global maritime distress safety system ) suatu sistem keselamatam pelayaran secara global. Kalau kapal dalam suatu bahaya system ini akan memancarkan berita bahaya yang berisi posisi kapal, nama kapal, jenis marabahaya secara otomatis cepat, tepat, akurat. Untuk system komunikasi lainnya ada INMARSAT (Internasional Maritime Satelit) suatu system pengiriman berita e-mail, telepone telex, maupun fax.

JENIS - JENIS KAPAL

Bedasarkan tenaga penggerak kapal di bedakan menjadi :
1. kapal bertenaga manusia ( kapal dayung / tradisional)
2. kapal layar (dengan tenaga angin)
3. kapal uap (tenaga uap)
4. kapal tenaga disel atau kapal montor

Berdasarkan jenis pelayarannya kapal terdiri beberapa jenis yaitu :
1. kapal permukaan
2. kapal selam
3. kapal mengambang
4. kapal bantalan udara

Berdasarkan fungsinya
1. kapal perang
2. kapal penumpang
3. kapal barang
4. kapal tanker
5. kapal fery
6. kapal tunda
7. kapal pandu
8. kapal roro
9. kapal keruk
10.kapal peti kemas
11.kapal pemecah es

Demikian sedikit tentang kapal yang mungkin bisa menambah wawasan kita sebagai negara yang mempunyai luas lautan yang teramat luas dan yang dikenal sebagai negara bahari.

sumber: wikipedia

No comments: