Sunday, February 09, 2014

Manajemen Mutu Dalam Perusahaan Pelayaran



Manajemen mutu (Quality Management) dalam sebuah perusahaan sangat di butuhkan terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Untuk menghasilkan keuntungan yang signifikan dalam jangka panjang, sebuah perusahaan jasa harus bisa menghasilkan sebuah produk   yang kompeten  dan  memuaskan pelanggan  sehingga akan menimbukan kepercayaan.  Karena pada dasarnya  produk perusahaan jasa adalah kepercayaan.  Untuk itulah semua komponen yang ada dalam manejemen  harus bekerja extra keras  mencapai target yang di inginkan. Hasil yang sesuai target tersebut akan mudah tercapai kalau semua bekerja dengan standar managemen mutu yang baik dan terarah.

Sebelum lebih lanjut kita membahas manajemen mutu dalam sebuah perusahaan pelayaran, perlu kita ketahui apa yang di maksud dengan manajemen mutu tersebut. Manajemen mutu merupakan sebuah filsafat dan budaya organisasi yang menekankan kepada upaya menciptakan mutu yang konstan melalui setiap aspek dalam kegiatan organisasi. Manajemen mutu membutuhkan pemahaman mengenai sifat mutu dan sifat sistem mutu serta komitmen manajemen untuk bekerja dalm berbagai cara. Manajemen mutu sangat memerlukan figure pemimpin yang mampu memotivasi agar seluruh anggota dalam organisai dapat memberikan konstribusi semaksimal mungkin kepada organisasi. Hal tersebut dapat dibangkitkan melalui pemahaman dan penjiwaan secara sadar bahwa mutu suatu produk atau jasa tidak hanya menjadi tanggung jawab pimpinan, tetapi menjadi tanggung jawab seluruh anggota dalam organisasi. Secara singkat mutu dapat diartikan: kesesuaian penggunaan atau kesesuaian tujuan atau kepuasan pelanggan atau pemenuhan terhadap persyaratan.

Berdasarkan pengalaman saya, manajemen mutu sebuah perusahaan pelayaran wajib di  lakukan oleh semua bagian manajerial. Baik manajerial di kantor ataupun manajerial di lapangan. karena prinsip manajemen mutu adalah aspek dari seluruh fungsi manajemen yang menetapkan dan melaksanakan kebijakan mutu. Pencapaian mutu yang diinginkan memerlukan kesepakatan dan partisipasi seluruh anggota organisasi, sedangkan tanggung jawab manajemen mutu ada pada pimpinan puncak. Untuk melaksanakan manajemen mutu dengan baik dan menuju keberhasilan, diperlukan prinsip-prinsip dasar yang kuat. 

Dalam bidang pelayaran banyak target yang harus di capai selain target keuntungan secara finacial, Salah satunya adalah menambah jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang produktif. Semua target itu akan tercapai  apabila di dukung oleh semua pihak yang ada dalam organisasi baik yang ada di kantor darat maupun yang ada di laut ( kapal ). Semua akan berjalan harmonis apabila  mengerti dan melaksanakan kebijakan yang tertuang dalam managemen mutu. karena manajemen mutu di buat untuk mengatur dan menjadi garis haluan sebuah managemen untuk mencapai target yang di harapkan.

Managemen mutu bidang pelayaran juga mengatur kebijakan perusahaan yang sifatnya untuk mencapai tujuan dari perusahaan serta kebijakan yang mengadopsi peraturan - peraturan pemerintah maupun peraturan hukum internasional dalam bidang pelayaran ( maritime ) untuk di lakukan oleh semua yang pihak yang ada dalam organisasi pelayaran.

Hal - hal yang di perhatikan manajemen mutu dalam bidang pelayaran adalah:
  1. Manajemen yang mengatur tentang pengadaan barang.
  2. Manajemen yang mengatur tentang pengadaan dan pelatihan sumber daya manusia
  3. Manajemen yang mengatur tentang perawatan dan pemeliharaan aset perusahaan
  4. Manajemen yang mengatur bidang finasial
  5. Manajemen yang mengatur tentang  pemasaran
  6. Manajemen yang mengatur tentang operasional kapal
  7. Dan manajemen yang mengatur tentang crew kapal  
Semua kebijakan yang di atur dalam manjemen mutu harus di lakukan oleh semua semua sesuai jabatan, tugas dan tanggung jawannya masing - masing. Untuk mencapai tujuan dan target  yang di atur dalam majemen mutu semua orang dalam organisasi harus melakukan prinsip - prinsip seperti ini
1.    Setiap orang memiliki pelanggan
2.    Setiap orang bekerja dlm sebuah sistem
3.    Semua sistem menunjukkan variasi
4.    Mutu bukan pengeluaran biaya tetapi investasi
5.    Peningkatan mutu harus dilakukan sesuai perencanaan
6.    Peningkatan mutu harus menjadi pandangan hidup
7.    Manajemen berdasarkan fakta dan data
8.    Fokus pengendalian (control) pada proses, bukan hanya pada hasil  out put

Demikian sobat sedikit tentang managemen mutu dalam perusahaan pelayaran yang saya posting semoga bermanfaat, Sebuah target akan terpenuhi apabila kita semua bekerja sama dan bekerja sesuai prosedur dan aturan yang di tetapakan dalam sistem manajemen mutu.

Salam

No comments: