Saturday, April 28, 2012

Pati Seaman Community Wadah Pelaut Asal Pati

Seiring majunya teknologi di  bidang IT serta kesadaran manusia akan pentingnya dunia internet semakin memberi kemudahan kepada manusia dalam segala bidang khususnya dalam bidang komunikasi. Hal ini bisa  di lihat dari  menjamurnya pengguna media sosial. Di indonesia sendiri merupakan negara terbesar ke empat dunia yang warga negaranya memiliki account di berbagai situs media sosial. Pemilik account media sosial ini tidak mengenal usia, profesi dan domisili. Bahkan  hampir 65 % penduduk muda  indonesia memiliki account di beberapa situs media sosial seperti facebook, twitter dll.


Hal inilah yang di manfaatkan oleh teman - teman para pelaut yang berasal dari pati untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi antara pelaut di seantero dunia yang berasal dari pati dengan membentuk komunitas pelaut pati ( Pati Seaman Community ) di singkat PSC di grup media sosial Facebook. 

Grup yang pendiriannya di motori sebagian dari teman - teman pelaut alumni sekolah menengah kejuruan pelayaran bakti samudra surabaya yang berasal dari pati ini kini beranggotakan ratusan pelaut dari berbagai class dan jabatan. Sesuai misi dari terbentuknya Pati Seaman Community yang berdasarkan atas azas kekeluargaan dan persaudaraan grup profesi ini tidak membedakan usia, jabatan dan ijasah laut (class) di antara anggotanya.

Dengan semangat yang sama yaitu memberi sumbangsih atas kemajuan pelaut pati serta berbagi informasi antar anggotanya menjadikan komunitas palaut pati ini semakin solid. Hal itu di aplikasikan dengan kegiatan - kegitan positif diantaranya dengan terbentuknya kelompok sepeda santai yang di ikuti oleh anggota PSC dan keluarganya. Kegiatan ini di mulai dari stadion joyo kusumo dengan mengambil route di pedesaan atau pegunungan  dan selalu di selingi dengan kegiatan - kegiatan lainnya yang bertujuan mejaga kelestarian alam di daerah yang di laluinya.  Kegiatan sepeda santai yang di laksanakan  setiap hari  hari sabtu ini selain  memberi manfaat untuk kesehatan juga menjadi ajang untuk mengakrabkan tali silaturahmi keluarga  di antara anggota PSC.

foto bersama pengurus PSC di kediaman capt joko santoso
Pertemuan - pertemuan silaturahmi yang diadakan hampir setiap minggu antara pelaut yang sedang off  ( cuti ) dengan  yang sedang menuntut ilmu (sekolah ) di gunakan untuk  membahas  atau mengevaluasi  kemajuan PSC dan berbagi pengalaman antara pelaut yang senior (berpengalaman ) dengan pelaut  junior.

Selain itu pertemuan yang di adakan berpindah pindah tempat ini menjadi ajang temu kangen dan perkenalan dengan anggota satu sama  lainnya yang jarang ketemu karen kesibukan pekerjaan  masing - masing.
Acara yang kerap di isi dengan acara makan - makan ini menjadi acar favorit . Karena di sinilah menjadi ajang senda gurau  dan temu kangen atara anggota.

Selain kegiatan - kegiatan tersebut di atas, guna membantu para anggota PSC yang sekolah maupun sedang mencari kerja di jakarta,  PSC memiliki mess buat mereka dengan lokasi yang strategis karena dekat dengan kampus BP3iP , kampus STIP, serta pelabuhan internasional tanjung priok dan mempunyai fasilitas yang lengkap walau sementara masih mengkontrak dan tidak menutup kemungkinan kedepan bisa memiliki sendiri.

Uniknya, kalau selama ini pandangan orang,  profesi pelaut di nilai negatif namun hal ini bisa di tepis oleh pelaut - pelaut yang bergabung dalam PSC karena hampir semua anggotanya tidak ada yang menunjukan sikap negatif dan cenderung religius hal ini di buktikan dengan kegitan - kegiatan positif dari PSC maupun kegiatan dari pribadi anggota dalam kehidupan bermasyarakat.

Semoga dengan kehadiran PSC memberi kontribusi bagi kemajuan para pelaut pati untuk terus berkarya dan berprestasi  serta memberi aura positip bagi seluruh warga pati pada umumnya.
Sukses PSC !! sukses pelaut Pati !!.

Inilah susunan kepengurusan  Pati Seaman Community


Pelindung : Letkol TNI AD Subianto
Pembina   : Bpk Haryono SH SS ( dosen PIP )
                   Agus Prawoto Ssit (dosen BP2IP Sby)
Ketua       : Bpk Gatot Budi Yuwono  
Wakil I     : Capt. Kartiko Candra Kirana 
Wakil II    : Capt Joko Santosa            
Wakil III  : Bpk Eko Kuswadi              
Bendahara I        : Bpk Aries Setyo Laksono   
Bendahara II      : Bpk Ipung Budi Wibowo    
Sekretaris I         : Bpk Djumadi    
Koordinator Pati Kota                : Bpk Hery Budiarto       
                                                       Bpk Medit Karenda         
Koordinator Kayen                     : Bpk Sugiyo 
                                                        Bpk Masjudi    
Koordinator Tayu                        : Bpk Muhammad Lutfi       
Koordinator Tlogowungu             : Bpk Juharto    
Koordinator Margorejo               : Bpk Dian Sulistiyo          
                                                        Bpk Sutomo 
Koordinator Juwana/Batangan    :Bpk Joko Suloistyono  
                                                         Bpk Abdul Rohim 
Koordinator Trangkil                   : Bpk Banawi   
                                                         Bpk Misri Prawoto            

1 comment:

Unknown said...

Sekretariat mana ya komandang alamat nya